Mengenai Saya

Foto saya
Assalamu'alaikum......saat ini saya sedang duduk di bangku kuliah FK trisakti, n mudah-mudahan saya bisa lulus tepat waktu, amin...Insya Allah. Doain ya!!! hai... teman-teman yang buka blog aku, tolong kasih komentar ya!! makasih...

Selasa, 16 Desember 2008

Tes Golongan Darah
Diantara sistem-sistem golongan darah, yang paling lama bertahan adalah antigen dari sitem golongan darah ABO
Cara yang biasa dilakukan adalah cara absoropsi elusi dengan prosedur sebagai berikut :
2-3 helai benang mengandung bercak kering difiksasi dengan metal alcohol selama 15 menit. Benang diangkat dan dibiarkan mongering. Selanjutnya dialakukan penguraian benang terbebut menjadi serat-serat halus dengan menggunakan 2 buah jarum.
Lakukan juga pada benang yang tidak mengandung bercak darah untuk sebagai control negative.
Serat benag dimasukkan kedalam 2 tabung reaksi. Ke dalam tabung pertama diteteskan serum anti-A dan pada tabung kedua diberi anti-B hingga serabut benang tersebut terendam seluruhnya. Kemudian tabung-tabung tersebut disimpan dalam lemari pendingin dengan suhu 4oC selama satu malam.
Kemudian lakukan pencucian dengan menggunakan larutan garam faal dingin (4oC) sebanyak 5-6 kali, lalu tambahkan 2 tetes suspensi 2 % sel indicator, pusing dengan kecepatan 1000 RPM selama 1 menit. Bila tidak terjadi aglutinasi, cuci sekali lagi dan kemudian tambahkan 1-2 tetes garam faal. Panaskan pada suhu 56oC selama 10 menit dan pindahkan eluat pada tabung lain. Tambahkan satu tetes suspense sel indicator ke dalam masing-masing tabung, biarkan selama 5 menit pada kecepatan 1000 RPM.
Pembacaan hasil dilakukan secara makroskopik. Bila terjadi aglutinasi berarti darah mengandung antigen yang sesuai dengan antigen sel indikator.
Catatan : tabung pertama menandakan golongan darah A dan tabung kedua golongan darah B)

Tidak ada komentar:


ShoutMix chat widget